アチェ人画家マフディ氏ドイツ個展開会式の様子Suasana Pameran Mahdi
アチェを代表する画家マフディ・アブドゥラ(Mahdi Abdullah)さん。2009年10月21~11月1日、ドイツの南東部パッサウ(Passau)市で個展を開催している。マフディさんは、同市にある CSAA(Center for Southeast Asian Art:東南アジア芸術センター)の招待で、アトリエを提供され、去る8月以来、創作活動に専念してきた。以下は、同個展のカタログから。世界に羽ばたくアチェ芸術。
アチェはあと二ヶ月で、あの五年前の津波被災五周年を迎える。
アチェ人画家マフディ氏ドイツ個展 Aceh's Mahdi Abdullah Germany Exhibition
Pameran Tunggal Mahdi Abdullah di Passau, Jerman
Menawarkan Simbol-simbol dan Berbunyi
Nenek dengan raut muka yang menyiratkan garis-garis sejarah hidup masa lalu, diterpa sinar cahaya matahari ke wajahnya dengan ekspresi yang optimistik, menggotong timba yang telah karatan seperti mensyaratkan waktu, bersamaan dengan usia si nenek yang telah uzur namun terlihat masih bersemangat dan kuat. Di dalam timba yang telah karatan tadi, tidaklah berisi air, tapi hanya teronggok sebuah roda darma perputaran hidup. Di belakangnya juga beterbangan daun-daun yang telah menguning dan tua. Lukisan di atas yang bertemakan Demi Masa No. 3, ini, sangat mencolok mata dengan warna merah keacehan saat kita memasuki pintu Gallerie Kulturmodell Passau, Jerman.
Udara di luar masih sangat dingin, sejak dua hari lalu, Passau, Jerman sudah mulai turun hujan salju, lebih cepat dari biasanya. Rabu malam (21/10) Gallerie Kulturmodell yang terletak di Jalan Braugasse, Passau dipenuhi banyak orang, nampak para undangan dari berbagai disiplin ilmu, seniman, pengamat, dan wartawan dari berbagai media turut memenuhi pembukaan pameran tunggal Mahdi Abdullah.
Sejumlah 26 karya dari berbagai medium dan ukuran, lukisan, litography, gambar, dan sketsa yang bertarikh bulan Agustus hingga Oktober 2009 saat dia berada di Eropa. Karya ditata dengan apik, dan tergantung rapi di seluruh dinding Gallerie Kulturmodell Passau, Jerman. Selain karya-karya yang
dihasilkan di Jerman, Italia, dan Austria ditambah lagi dengan enam karya Demi Masa-nya yang dia boyong dari Indonesia.
Dr Werner Kraus, kurator pameran Mahdi Abdullah, menyebutkan bahwa “lukisan Mahdi yang kita lihat sekarang di Jerman adalah sebuah tawaran realisme baru dalam cakrawala contemporary tentang catatan hidup manusia dan lingkungan dengan bahasa yang sangat orisinil, simbol-simbol ciptaan Mahdi Abdullah dalam bahasa seni yang realistis. Karyanya mengajak kita berdialog dan saling pengertian antara kebudayaan Eropa dengan kebudayaan asal pelukis yaitu Aceh, Indonesia”.
Simbol
Selanjutnya Gunnar Stange menyampaikan kata pengantar dan menjelaskan berbagai muatan simbol yang ada di dalam lukisan-lukisan Mahdi kepada khalayak yang hadir. Gunnar mengatakan bahwa lukisan-lukisan Mahdi telah sanggup berdialog dengan menggunakan bahasa yang universal, dan mudah dicerna. Gunnar menjelaskan sejarah kesenirupaan Mahdi saat dia masih berada di Jogya, dia masih menyenangi surealisme Jogya, dan ekspresionisme. Tapi, sejak dia kembali ke Aceh pada tahun 1983, Mahdi memutuskan untuk kembali ke seni rupa realisme dengan warna lokal yang baharu. Mahdi pernah mengatakan pada saya bahwa “tak mungkin mengembangkan seni mimpi sementara di samping saya banyak rakyat yang menderita”. Sejak itu, Mahdi berkutat dalam realisme sosial dengan menawarkan berbagai simbol.
Seperti cerita tentang kesepian hidup dan persoalan parkir di Passau dalam lukisan Night Window. Bayangan sosok yang sedang bertelanjang, sedang melukis dari luar jendela—samar-samar seperti potret pelukisnya—melihat kedalam. Kemaluannya tertutup dengan persoalan parkir di kota Passau. Sebuah karya yang menggelitik.
Hampir kesemua karyanya berbicara tentang waktu dan masa tertentu dengan menggunakan simbol-simbol yang mudah kita jumpai seperti daun, yang muda maupun daun kering yang mau rapuh, dari karatan masa, burung garuda hingga panorama jendela telah menjadikan karyanya hidup terus hingga masa kini dan akan datang. Karyanya mengangkat persoalan-persoalan rakyat kecil dari daerah asalnya, Aceh. Mahdi mengangkat masalah dan persoalan dari lapisan bawah menjadi lebih bermartabat dan berbunyi. Dia sanggup berbicara dengan bahasa seninya sendiri.
Tarian Prasangka
Karya tari bertema “Prasangka” yang dibawakan oleh Irina Vogelsang—teman Mahdi—seorang gadis yang berasal dari Tazikkistan. Tarian dengan menggunakan burka penutup wajah, meliuk-liuk, pelahan-lahan, burka terbuka, dan menampakkan wujudnya. Sebuah tarian yang mengisahkan prasangka terhadap islam oleh orang-orang yang besebrangan agama. Mereka takut, karena informasi islam begitu gencar disuarakan sebagai teroris, dan pembunuh. Sejatinya, Islam berada dalam kedamaian. Tarian tersebut menyirami peresmian pameran tunggal Mahdi Abdullah, Zwischenzeiten, Bilder Aus Passau-Bilder Aus Aceh.
Irina, sejak gadis hijrah ke Jerman bersama keluarganya karena di daerah tempat ia dibesarkan berkecamuk konflik ras dengat sangat kejam. Sekarang, Irina bekerja di Universitas Passau, Jerman. Ia juga pernah kuliah seni tradisional Bali di Universitas Udayana, Bali.
Menjadi perhatian
Potrait seorang tokoh yang paling terkenal di Passau, Jerman menyedot perhatian pengunjung pameran. “Bapak Woerlen seperti Paus di Passau” sebut salah seorang pengamat seni dari Jerman yang tidak mau disebutkan namanya.
Lukisan itu sendiri menjadi memukau karena Mahdi Abdullah telah sanggup memindahkan karakter tokoh yang dilukisnya begitu kuat dan hidup.
“Saya mendapat kehormatan bisa melukis langsung Hann Egon Woerlen di kantornya, fisiknya masih kuat, termasuk ingatan. Masih bekerja di kantornya, padahal dia telah berumur 94 tahun”, kata Mahdi Abdullah di sela-sela pembukaan pamerannya. Selain paling terkenal di Passau Jerman, Woerlen juga pendiri Museum Moderner Kunst Jerman. Dia adalah anak seorang pelukis Jerman yang sangat terkenal dengan latar belakang seorang arsitek, dan pecinta seni berat.
Karya Mahdi yang lain, seperti Reflections Window menampilkan wajah kota Passau dalam berbagai dimensi. Nampak sebuah patung wanita, berwajah manis Jerman, berdiri dalam sebuah ruangan di atas pusteg, memegang sebilah rencong di pinggang bak menyuarakan semangat seorang pejuang perempuan Aceh. Di belakang lukisan patung itu, berlapis-lapis jendela saling bergerak ke arah satu-sama lainnya, dari sana muncul refleksi berbagai sudut kota Passau sejika dilihat dari depan, atas maupun samping. Passau adalah sebuah kota tua yang eksotis di Jerman yang menjadi tujuan turis dari berbagai negara. Lukisan Reflections Window menjadi pemandangan tersendiri bagi pengunjung untuk terkenang.
Pameran tunggal Mahdi Abdullah telah tercatat dalam sejarah, menjadi kenangan tersendiri bagi warga Passau, Jerman, dan pecinta seni dari negara Eropa lainnya. Lukisannnya telah menawarkan simbol-simbol dan terus berbunyi. Pameran tunggal Mahdi Abdullah akan berlangsung dari 21 Oktober hingga 1 November 2009 di Gallerie Kulturmodell, Passau, Jerman. (*)
マフディさんドイツ行きを祝して応援動画。
アチェ人画家マフディ・アブドゥラ東京個展(7) マフディ北海道へ!
アチェ人画家マフディ・アブドゥラ東京個展(6) マフディ北海道へ!
アチェ人画家マフディ・アブドゥラ東京個展(5) マフディ北海道へ!
アチェ人画家マフディ・アブドゥラ東京個展(4) 2002年の動画記録 Pelukis Aceh
アチェ人画家マフディ・アブドゥラ東京個展(3) 2002年の動画記録 Pelukis Aceh
アチェ人画家マフディ・アブドゥラ東京個展(2) 2002年の動画記録 Pelukis Aceh
アチェ人画家マフディ・アブドゥラ東京個展(1) 2002年の動画記録 Pelukis Aceh
【参考ブログ】
アチェ人画家マフディさんドイツ個展のカタログ(動画)Pameran Mahdi di Jerman5
https://gbitokyo.seesaa.net/article/200910article_27.html
アチェ人画家マフディさんドイツ個展のカタログPameran Mahdi di Jerman(4)
https://gbitokyo.seesaa.net/article/200910article_26.html
アチェ人画家マフディさんドイツ個展のカタログPameran Mahdi di Jerman(3)
https://gbitokyo.seesaa.net/article/200910article_25.html
アチェ人画家マフディさんドイツ個展のカタログPameran Mahdi di Jerman(2)
https://gbitokyo.seesaa.net/article/200910article_23.html
アチェ人画家マフディさんのドイツ個展開催 Pameran Mahdi di Jerman
https://gbitokyo.seesaa.net/article/200910article_20.html
アチェ人画家マフディ・アブドゥラ東京個展(7) マフディ北海道へ!
https://gbitokyo.seesaa.net/article/200909article_27.html
アチェ人画家マフディ・アブドゥラ東京個展(6) マフディ北海道へ!
https://gbitokyo.seesaa.net/article/200909article_24.html
アチェ人画家マフディ・アブドゥラ東京個展(5) マフディ北海道へ!
https://gbitokyo.seesaa.net/article/200909article_23.html
アチェ人画家マフディ・アブドゥラ東京個展(4) 2002年の動画記録 Pelukis Aceh
https://gbitokyo.seesaa.net/article/200909article_22.html
アチェ人画家マフディさんがドイツで芸術名誉市民に Mahdi@Jerman
https://gbitokyo.seesaa.net/article/200909article_17.html
アチェ人画家マフディ・アブドゥラ東京個展(3) 2002年の動画記録 Pelukis Aceh
https://gbitokyo.seesaa.net/article/200909article_15.html
アチェ人画家マフディ・アブドゥラ東京個展(2) 2002年の動画記録 Pelukis Aceh
https://gbitokyo.seesaa.net/article/200909article_10.html
アチェ人画家マフディ・アブドゥラ東京個展(1) 2002年の動画記録 Pelukis Aceh
https://gbitokyo.seesaa.net/article/200909article_9.html
ドイツで創作活動を始めたマフディさん Pelukis Aceh Mahdi di Jerman
https://gbitokyo.seesaa.net/article/200908article_29.html
アチェ人画家マフディ・アブドゥラさんドイツへ2 Mahdi Abdullah ke Jerman
https://gbitokyo.seesaa.net/article/200908article_15.html
アチェ人画家マフディ・アブドゥラさんドイツへ Mahdi Abdullah ke Jerman
https://gbitokyo.seesaa.net/article/200908article_14.html
5月23日:ドキュメンタリー映画「Silent After War」&「語らずに死ねるか」上映会
https://gbitokyo.seesaa.net/article/200905article_23.html
4月25日(土)アチェ最新ドキュメンタリー映画【Silent After War】上映会
https://gbitokyo.seesaa.net/article/200904article_19.html
明日4月18日(土)アチェ最新ドキュメンタリー映画【Silent After War】上映会
https://gbitokyo.seesaa.net/article/200904article_17.html
4月18日(土)アチェ最新ドキュメンタリー映画【Slient After War】上映会
https://gbitokyo.seesaa.net/article/200904article_14.html
4月18日(土)アチェ・ドキュメンタリー映画【Slient After War】上映会
https://gbitokyo.seesaa.net/article/200904article_13.html
アチェ・ドキュメンタリー映画【Slient After War】上映会のお知らせ
https://gbitokyo.seesaa.net/article/200904article_11.html
アチェ最新ドキュメンタリー映画上映会開催予告(Silent After War:Aceh)
https://gbitokyo.seesaa.net/article/200903article_28.html
スマトラ島沖大地震・巨大津波四周年報道写真(Pameran Foto Aceh 2008)
https://gbitokyo.seesaa.net/article/200812article_27.html
アチェ西海岸ムラボの村人が首都公演(Pertunjukan SHE LAGEE di JKT)
https://gbitokyo.seesaa.net/article/200806article_1.html
アチェのサクラさん&ディーヴァちゃんの日本滞在記(2)Kenangan Sakura(2)
https://gbitokyo.seesaa.net/article/200805article_2.html
アチェのサクラさん&ディーヴァちゃんの日本滞在記(1)Kenangan Sakura(1)
https://gbitokyo.seesaa.net/article/200805article_1.html
アチェのサクラさんが来日・上映会&懇親会(Sakura Aceh ke Negeri Sakura)
https://gbitokyo.seesaa.net/article/200804article_1.html
アチェの画家マフディさんの個展(Pameran Mahdi Abdullah di NAD)
https://gbitokyo.seesaa.net/article/200802article_2.html
アジア創造美術展始まる(Pameran Asia Creative Art Exhibition 2
https://gbitokyo.seesaa.net/article/200801article_2.html
アチェとパプア絵画を国立新美術館で展示(Asia Creation Art Exhibition)
https://gbitokyo.seesaa.net/article/200712article_1.html
アチェ津波絵画&風刺漫画を義援金に(マフディ・アブドゥラ氏の作品)
https://gbitokyo.seesaa.net/article/200711article_5.html
アチェ津波被災三周年企画展のお知らせ(Pameran Aceh 3 thn Tsunami)
https://gbitokyo.seesaa.net/article/200711article_4.html
アチェの津波ポールとアンボンの津波防災啓蒙看板(Tugu Tsunami Aceh)
https://gbitokyo.seesaa.net/article/200711article_3.html
バンダアチェの樹木の運命(2) Nasib pohon2 Banda Aceh(2)
https://gbitokyo.seesaa.net/article/200711article_2.html
バンダアチェの樹木の運命(1) Nasib pohon2 Banda Aceh(1)
https://gbitokyo.seesaa.net/article/200711article_1.html
アチェ教育映画上映会のお知らせ(Pemutaran Film2 Aceh)
https://gbitokyo.seesaa.net/article/200710article_1.html
アチェに死す(3) Kuburan Warga Jepang di Aceh(3)
https://gbitokyo.seesaa.net/article/200709article_5.html
アチェに死す(2)Kuburan Warga Jepang di Aceh(2)
https://gbitokyo.seesaa.net/article/200709article_4.html
アチェに死す(1) Kuburan Warga Jepang di Aceh(1)
https://gbitokyo.seesaa.net/article/200709article_3.html
アチェで日本のドキュメンタリー&アニメ映画を上映(Pemutaran Film di Aceh)
https://gbitokyo.seesaa.net/article/200709article_1.html
アチェのドキュメンタリー映画上映会のお知らせ
https://gbitokyo.seesaa.net/article/200705article_4.html
アチェ伝統刺繍文化展のお知らせ(Pameran Budaya Sulaman Aceh)
https://gbitokyo.seesaa.net/article/200704article_1.html
映画『二つの故国をつなぐ歌』ジャカルタ上映&報告
https://gbitokyo.seesaa.net/article/200704article_6.html
映画『二つの故国をつなぐ歌』上映会のお知らせ
https://gbitokyo.seesaa.net/article/200704article_2.html
早春賦をテーマにした映画が完成しました!
http://soushunfu.blog89.fc2.com/
映像で見るアチェの今昔
https://gbitokyo.seesaa.net/article/200701article_2.html
スマトラ島沖大地震・巨大津波二周年報道写真展のお知らせ
https://gbitokyo.seesaa.net/article/200612article_7.html
アチェ&早春賦(映画:二つの故国をつなぐ歌)
https://gbitokyo.seesaa.net/article/200702article_2.html
この記事へのコメント